Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru Rampung, Seperti Ini Bentuknya

Nuarta mengatakan bahwa desain istana tersebut telah disetujui Presiden Joko Widodo.
Ameidyo Daud Nasution
4 Januari 2022, 18:34
istana, ibu kota baru, pindah ibu kota
Katadata
Desain Istana Kepresidenan di ibu Kota Baru Negara (IKN). Foto: Tangkapan layar Instagram I Nyoman Nuarta

Wujud Istana Kepresidenan di ibu kota barumulai terkuak. Ini setelah sang arsitek yakni I Nyoman Nuarta memamerkan gambar istana yang akan dibangun di Provinsi Kalimantan Timur tersebut.

Dalam unggahan di Instagramnya, Nuarta mengatakan bahwa desain istana telah disetujui Presiden Joko Widodo. Dia juga mengaku telah mempresentasikan rancangannya tersebut bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

“Terima kasih atas dukungannya untuk menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial,” kata Nuarta dalam unggahannya, Selasa (4/1).

 

Advertisement

Pematung terkenal itu membagikan tiga gambar desain istana presiden dalam unggahannya. Sekilas, bentuk istana tersebut mirip dengan Garuda berwarna hijau yang sedang mengepakkan sayapnya.

Di tengah arsitektur Garuda tersebut, terdapat bangunan yang dilapisi kaca berwarna hijau. Struktur bangunan itu berada atas sebuah gunungan bukit dan dipisahkan dengan jalan.

Di seberang jalan, terdapat pula bangunan dengan atap yang ditutupi rerumputan hijau. Bangunan tersebut menghadap sebuah lapangan yang dilengkapi Bendera Merah Putih.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Nyoman Nuarta (@nyoman_nuarta)

 

Pada April 2021 lalu sejumlah asosiasi mengkritik desain Istana Kepresidenan yang berbentuk burung garuda dan sayapnya. Mereka menganggap desain yang dikerjakan I Nyoman Nuarta tersebut hanya mengandalkan citra dan tak menunjukkan upaya pemerintah mewujudkan kota berwawasan lingkungan.

Presiden Joko Widodo pun memanggil para ahli dan arsitek untuk meminta masukan serta mengajak bergabung dalam Badan Otorita Ibu Kota. Dengan demikian, mereka bisa menyampaikan rekomendasi terkait perencanaan dan pembangunan ibu kota baru.

"Presiden mengundang para ahli untuk ikut serta duduk di Badan Otorita Ibu Kota apabila sudah terbentuk," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa usai menghadiri rapat bersama Jokowi dan para asosiasi di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (15/4).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait