Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru Rampung, Seperti Ini Bentuknya

Ameidyo Daud Nasution
4 Januari 2022, 18:34
istana, ibu kota baru, pindah ibu kota
Katadata
Desain Istana Kepresidenan di ibu Kota Baru Negara (IKN). Foto: Tangkapan layar Instagram I Nyoman Nuarta

Wujud Istana Kepresidenan di ibu kota barumulai terkuak. Ini setelah sang arsitek yakni I Nyoman Nuarta memamerkan gambar istana yang akan dibangun di Provinsi Kalimantan Timur tersebut.

Dalam unggahan di Instagramnya, Nuarta mengatakan bahwa desain istana telah disetujui Presiden Joko Widodo. Dia juga mengaku telah mempresentasikan rancangannya tersebut bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Advertisement

“Terima kasih atas dukungannya untuk menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial,” kata Nuarta dalam unggahannya, Selasa (4/1).

Pematung terkenal itu membagikan tiga gambar desain istana presiden dalam unggahannya. Sekilas, bentuk istana tersebut mirip dengan Garuda berwarna hijau yang sedang mengepakkan sayapnya.

Di tengah arsitektur Garuda tersebut, terdapat bangunan yang dilapisi kaca berwarna hijau. Struktur bangunan itu berada atas sebuah gunungan bukit dan dipisahkan dengan jalan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement