Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting, Mengairi Sawah 650 Hektare

Rizky Alika
5 Januari 2022, 17:29
bendungan, randugunting, jokowi
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Randugunting, Blora, Jawa Tengah, Rabu (5/1). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kepala Negara berharap, bendungan tersebut dapat meningkatkan ketahanan pangan.

Randugunting bisa mengairi 650 hektar sawah di Blora, Pati, dan Rembang. Bendungan tersebut juga memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik.

Jokowi mengatakan, kunci dari ketahanan pangan ialah ketersediaan air. Sementara, pasokan air dapat tersedia apabila terdapat banyhak infrastruktur waduk dan bendungan.

"Dengan selesainya Waduk Randugunting di Kabupaten Blora ini, ketahanan pangan kita akan semakin baik. Kemandirian pangan kita akan semakin baik," kata Jokowi di Bendungan Randugunting, Blora, Rabu (5/1).

Selain itu, bendungan Randugunting diharapkan bisa menjadi lokasi pariwisata. Dengan demikian, perekonomian masyarakat akan semakin meningkat. "Bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar," katanya.

Mengutip dari laman Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bendungan ini berfungsi untuk menampung air hujan pada saat musim penghujan. Dengan demikian, bendungan bisa difungsikan untuk irigasi pertanian yang meliputi pada musim kemarau.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...