Lebih Cepat 10 Bulan, Bendungan Randugunting Beroperasi Awal Januari

Cahya Puteri Abdi Rabbi
3 Januari 2022, 09:04
Bendungan, infrastruktur, jawa tengah
Kementerian PUPR
Bendungan Randugunting

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan fisik Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (2/1). Rampungnya pembangunan ini lebih cepat 10 bulan dari jadwal kontrak yang seharusnya berakhir pada November 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Randugunting nantinya merupakan bendungan ke-14 yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo dari 15 bendungan yang selesai 2021. Dari tahun 2015 hingga 2020, sebanyak 14 bendungan juga telah selesai dan dioperasikan.

"Secara keseluruhan bendungan sudah selesai, tinggal perapihan gedung dan lansekap saja. Mudah-mudahan bisa diresmikan pada awal Januari 2022 ini," kata Basuki dalam keterangan resminya, Minggu (2/1).

 Pembangunan Bendungan Randugunting sudah direncanakan sejak tahun 1990-an untuk menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan Rembang.

Pembangunan bendungan sendiri mulai dikerjakan pada 2018 dan selesai di awal 2022 tanpa kendala teknis untuk konstruksi dan sosial dalam pembebasan lahan. 

Nantinya, bendungan ini bisa  memberikan suplai air baku 200 liter per detik dan irigasi 670 hektare.

Dengan rincian, mendukung penyediaan air baku di Kabupaten Pati sebesar 50 liter per detik. Di Kabupaten Rembang sebesar 50 liter per detik, serta di Kabupaten Blora sebesar 100 liter per detik.

 Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Bendungan Randuguting juga memiliki potensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan sistem solar panel.  

Basuki menambahkan bendungan Randugunting memiliki potensi untuk solar energi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...