BPOM Targetkan Izin Darurat Vaksin Merah Putih Terbit Juni 2022

Ameidyo Daud Nasution
10 Januari 2022, 16:05
vaksin, bpom, merah putih, covid-19
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Kepala Badan POM Penny K.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menargetkan vaksin Covid-19 Merah Putih akan mendapatkan izin pada Juni 2022. Vaksin yang dikembangkan Universitas Airlangga bersama PT Biotis Pharmaceutical tersebut saat ini sedang memasuki proses uji klinis.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan Unair saat ini sudah menyelesaikan proses pra klinis dan menunggu uji klinis. Mereka juga telah memenuhi persyaratan untuk melakukan pengujian.

“Awal Februari uji klinik bisa dimulai, targetnya Juni bisa dapat izin,” kata Penny dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1).

BPOM juga terus mendampingi proses pengembangan vaksin Merah Putih. Saat ini Biotis telah mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) sebagai bekal memproduksi vaksin tersebut.

Badan tersebut juga telah mendampingi dari sisi peraturan, keamanan laboratorium, hingga kualitas. “Kami juga telah membuat pedoman terkait fasilitas pengembangan hingga produksi, ujungnya pemberian EUA (izin darurat),” katanya.

Pemerintah melalui Konsorsium Riset Covid-19 mengembangkan 11 platform riset vaksin Merah Putih. Proyek riset tersebut melibatkan enam lembaga riset pemerintah dan perguruan tinggi, yakni LBM Eijkman, LIPI, UI, ITB, Unair, dan UGM.

Sedangkan Survei KedaiKOPI pada Oktober 2020 silam menunjukkan mayoritas responden optimis terhadap pengembangan Vaksin Merah Putih untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 di Indonesia. Dari skala 1 hingga 10, sebanyak 28,3% optimis memilih skala 7. Angka 1 menunjukkan sangat tidak optimis. Sebaliknya, angka 10 menunjukkan sangat optimis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...