Blusukan Cek Homestay Mandalika, Jokowi: Akan Terisi Penuh saat MotoGP

Rizky Alika
13 Januari 2022, 15:11
jokowi, mandalika, motoGP
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.
Presiden Joko Widodo (depan) turun dari sepeda motor custom Kawasaki W175 bergaya chopper bobber tiba di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022). Kunjungan kerja tersebut untuk mengecek kesiapan jelang event MotoGP yang akan diselenggarakan di Mandalika, Lombok. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.

Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah fasilitas penunjang MotoGP 2022, seperti sirkuit hingga rumah inap (homestay) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kepala Negara berharap, penyelenggaraan ajang balap sepeda motor itu bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian.

Sejumlah homestay ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  Adapun, jumlah penginapan yang disediakan oleh pemerintah di Desa  Gerupuk sebanyak 300 unit.

Advertisement

"Sudah siap saat MotoGP akan terisi," kata Jokowi di Desa Gerupuk, Lombok Tengah, Kamis (13/1).

Jokowi menjelaskan, homestay ini dibangun demi memberikan efek ekonomi kepada masyarakat di sekitar Sirkuit Mandalika. Ia ingin kawasan ini tak hanya dikenal sebagai lokasi balapan motor saja.

Selain homestay, Jokowi juga memastikan kesiapan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika. Mantan Wali Kota Solo itu menginginkan perjalanan dari bandara menuju Sirkuit Mandalika memiliki pemandangan yang indah.

"Sudah mulai dipercantik dengan bunga-bunga. Di bukit-bukit tertentu dihijaukan kembali," ujar dia. Presiden pun berharap, seluruh persiapan itu bisa rampung pada Februari mendatang.

Selain itu, Kepala Negara memastikan kesiapan Sirkuit Mandalika. Pengecekan ini meliputi akomodasi, transportasi, hingga kendala yang dihadapi.

Tak hanya itu, Jokowi juga sempat memastikan kesiapan bandara yang menjadi pintu kedatangan peserta dan penonton MotoGP. Ia menilai, pelaksanaan protokol kesehatan di bandara telah berjalan sesuai dengan urutan. "Cek PCR, cek petugas sudah vaksin dua kali, urutannya sudah bagus," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement