Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano, Terbesar di NTB

Rizky Alika
14 Januari 2022, 15:16
Jokowi, bendungan, ntb, pangan
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Bintang Bano, Sumbawa Barat, NTB, Jumat (14/1). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (14/1). Bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung 76 juta meter kubik, terbesar di NTB.

Kepala Negara berharap, bendungan itu dapat mendukung ketahanan pangan di NTB. Menurutnya, kemandirian dan kedaulatan pangan hanya terjadi apabila seluruh provinsi tersebut memiliki pasokan air. 

Advertisement

"Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB," kata Jokowi di Bendungan Bintang Bano, Sumbawa Barat, Jumat (14/1).

Sementara, ketersediaan air akan terwujud apabila terdapat bendungan dalam jumlah banyak. Adapun, Bendungan Bintang Bano merupakan satu dari enam bendungan yang dibangun di NTB.

Selain Bintang Bano, bendungan yang telah diresmikan pada 2018 yaitu Bendungan Tanju dan Bendungan Mila. Kepala Negara juga berharap, Bendungan Bintang Bano bisa memenuhi kebutuhan air baku, khususnya di wilayah-wilayah kering.

Adapun, Bendungan Bintang Bano memiliki kapasitas tampung yang sangat besar, yaitu 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektare. Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan dengan bendungan ini adalah yang terbesar di NTB dari sisi kapasitas tampung.

Bendungan Bintang Bano yang dibangun sejak 2015 serta menghabiskan anggaran Rp 1,44 triliun juga mampu mengairi sawah 6.700 hektare. "Hari ini sudah selesai dan bisa difungsikan," ujar Presiden.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement