Indonesia Terima Bantuan 651.130 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Total vaksin AstraZeneca yang dikirimkan Jepang pada awal 2022 menjadi 2,7 juta. Pemerintah akan kebut vaksinasi hingga mencapai 70% penduduk
Ameidyo Daud Nasution
20 Januari 2022, 15:02
astrazeneca, jepang, covid-19, vaksin
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis menunjukan vaksin astrazeneca kepada warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur bersiap untuk melakukan suntik vaksin,Kamis (3/6/2021). Vaksinasi massal dilakukan usai ratusan orang dari kawasan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Vaksinasi diberikan kepada warga yang sebelumnya telah dinyatakan negatif Covid-19 hasil swab PCR.

Jumlah stok vaksin yang diterima Indonesia terus bertambah. Pemerintah menerima tambahan 651.130 dosis vaksin AstraZeneca bantuan dari Pemerintah Jepang pada Rabu (19/1) malam.

Sebelumnya Pemerintah Jepang telah mendonasikan 1.175.800 vaksin AstraZeneca pada Selasa (18/1). Sedangkan pada 2021, Negeri Sakura telah mengirimkan 4,1 juta vaksin Covid-19 ke Indonesia.

"Ini merupakan komitmen Jepang memberikan 2,72 juta dosis vaksin tambahan kepada Indonesia," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1).

 

Advertisement

Selain pemberian vaksin dengan mekanisme dose sharing, Jepang telah memberikan bantuan di bidang kesehatan kepada Indonesia. Beberapa di antaranya adalah donasi obat Avigan serta mobile x-ray. "Serta berbagai dukungan lainnya," kata Usman.

Pemerintah juga akan terus memacu vaksinasi demi mencapai kekebalan kelompok. Apalagi pada tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan G20.

"Target setidaknya 70% penduduk telah divaksinasi pada tahun ini. Untuk itu ketersediaan vaksin sangat penting," katanya.

Kebutuhan vaksin juga terus bertambah seiring dimulainya pemberian suntikan ketiga. Di sisi lain, munculnya varian baru Covid-19 Omicron membuat vaksinasi perlu dipercepat.

"Termasuk dengan meningkatkan lagi disiplin pelaksanaan protokol kesehatan adn segera vaksinasi apapun jenisnya," kata Usman.

Pekan lalu, Indonesia juga mendapatkan hibah 4,4 juta vaksin Covid-19 AstraZeneca dari fasilitas  COVAX. Kedatangan vaksin akan memperbanyak pasokan di tengah upaya pemerintah untuk melakukan program vaksinasi booster.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait