Indonesia Terima Bantuan 651.130 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Ameidyo Daud Nasution
20 Januari 2022, 15:02
astrazeneca, jepang, covid-19, vaksin
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis menunjukan vaksin astrazeneca kepada warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur bersiap untuk melakukan suntik vaksin,Kamis (3/6/2021). Vaksinasi massal dilakukan usai ratusan orang dari kawasan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Vaksinasi diberikan kepada warga yang sebelumnya telah dinyatakan negatif Covid-19 hasil swab PCR.

Jumlah stok vaksin yang diterima Indonesia terus bertambah. Pemerintah menerima tambahan 651.130 dosis vaksin AstraZeneca bantuan dari Pemerintah Jepang pada Rabu (19/1) malam.

Sebelumnya Pemerintah Jepang telah mendonasikan 1.175.800 vaksin AstraZeneca pada Selasa (18/1). Sedangkan pada 2021, Negeri Sakura telah mengirimkan 4,1 juta vaksin Covid-19 ke Indonesia.

Advertisement

"Ini merupakan komitmen Jepang memberikan 2,72 juta dosis vaksin tambahan kepada Indonesia," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1).

Selain pemberian vaksin dengan mekanisme dose sharing, Jepang telah memberikan bantuan di bidang kesehatan kepada Indonesia. Beberapa di antaranya adalah donasi obat Avigan serta mobile x-ray. "Serta berbagai dukungan lainnya," kata Usman.

Pemerintah juga akan terus memacu vaksinasi demi mencapai kekebalan kelompok. Apalagi pada tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan G20.

"Target setidaknya 70% penduduk telah divaksinasi pada tahun ini. Untuk itu ketersediaan vaksin sangat penting," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement