Jokowi Bentuk Tim Kecil Godok Calon Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara

Rizky Alika
26 Januari 2022, 13:49
Ibu kota, jokowi, ksp, ikn, nusantara
Katadata
Presiden Joko Widod

Presiden Joko Widodo memiliki waktu selama dua bulan untuk menentukan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Kantor Staf Presiden mengatakan, Kepala Negara telah membentuk tim kecil guna membantu proses pemilihan Kepala Otorita IKN.

Tim kecil tersebut tidak melakukan seleksi namun akan memberikan evaluasi, masukan, dan pertimbangan kepada Kepala Negara.  "Ada tim kecil yang Bapak Presiden tunjuk (membantu proses penunjukkan)," kata Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin kepada wartawan, Rabu (26/1). Meski demikian ia belum menjelaskan siapa saja yang membantu Presiden dalam tim tersebut.

Ngabalin juga mengatakan Kepala Negara mempunyai sejumlah pertimbangan dalam menentukan Kepala Otorita IKN. "Kewenangan mutlak ada pada presiden," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Ngabalin juga memastikan Jokowi tidak memiliki kepentingan politik dalam memilih Kepala Otorita IKN. Hal yang menjadi pertimbangan hanya sosok yang memiliki integritas tinggi, memiliki pengalaman, dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

"Jadi sudah tidak ada kepentingan politik. Orang 2024 sudah selesai (masa jabatan)," ujar dia. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...