90 Sekolah di Jakarta Ditutup Karena Covid, Pemprov Didesak Setop PTM

Ameidyo Daud Nasution
26 Januari 2022, 16:59
ptm, sekolah, jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (4/1/2022). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di seluruh sekolah mulai hari Senin (3/1). Relaksasi kebijakan ini sesuai dengan kondisi PPKM Level 1 yang diterapkan di Jakarta.

Semakin banyaknya kasus Covid-19 di sekolah membuat desakan penghentian Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100% bermunculan. Terbaru, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyetop PTM lantaran corona ditemukan di 90 sekolah.

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim mengatakan banyaknya kasus Covid-19 membuat guru, orang tua, dan siswa cemas melaksanakan PTM. Mereka menganggap kondisi tersebut tidak aman  bagi kegiatan pembelajaran.

Advertisement

“Angka kasus meningkat tajam tiap hari. Ini mengganggu pikiran dan kenyamanan belajar di sekolah,” kata Satriwan di Jakarta, Rabu (26/1).

Jumlah sekolah yang menghentikan PTM 100% terus bertambah dari awalnya 39 sekolah menjadi 43 sekolah, dan meningkat lagi jadi 90 sekolah. Padahal ibu kota belum satu bulan melaksanakan pendidikan tatap muka.

“Ini kan tidak efektif, sekolah buka tutup terus tidak tahu sampai kapan,” kata Satriwan.

Sedangkan P2G masih menemukan banyak pelanggaran protokol kesehatan dalam PTM 100% karena ruang kelas relatif kecil. Selain itu ruang sirkulasi udara tidak bisa dibuka lantaran kelas menggunakan pendingin ruangan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement