Cegah Sengketa Lahan, Jokowi Bagikan 600 Sertifikat Tanah di Dairi

Rizky Alika
3 Februari 2022, 19:44
jokowi, lahan, sertifikat, sengketa lahan
Antara
Presiden Joko Widodo saat membagikan sertifikat lahan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Kamis (3/2). Foto: Antara

Pemerintah tengah mempercepat legalisasi kepemilikan tanah guna mengurangi sengketa lahan. Presiden Joko Widodo pun membagikan 600 sertifikat tanah kepada warga Dairi, Sumatera Utara.

Jokowi mengatakan sertifikat tanah menjadi penting sebagai kepastian hukum hak atas tanah. Apalagi sengketa lahan masih kerap terjadi antara warga dengan warga, pemerintah, maupun perusahaan swasta.

Advertisement

"Hari ini diserahkan 600 sertifikat: 450 sertifikat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dan 150 sertifikat program redistribusi tanah," kata Jokowi di Dairi, Kamis (3/2).

Permasalahan ini tidak dapat terselesaikan karena ketiadaan sertifikat tanah tersebut. Apalagi, kasus sengketa tanah mash marak di sekitar Kota Medan dan wilayah sekitarnya.

"Sengketa enggak rampung- rampung karena enggak pegang sertifikat ini. Tetapi (warga) merasa sudah menduduki tanah selama 20 tahun, 15 tahun,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi juga akan terus meningkatkan target penerbitan sertifikat tanah. Ia menargetkan dalam setahun, sertifikat yang terbit bisa mencapai 9 juta.

Target itu jauh meningkat dari realisasi penerbitan sertifikat tanah pada 2015 sebesar 500 ribu dalam setahun. Padahal, saat itu ada 80 juta tanah yang belum mendapatkan sertifikat. "Berarti Bapak (warga) kalau mau sertifikasi, harus menunggu 160 tahun," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement