Kementerian PUPR Akan Bangun 4 Bendungan Baru Tahun Ini, Di Mana Saja?

Andi M. Arief
10 Februari 2022, 09:12
bendungan, pupr, infrastruktur
Kementerian PUPR
Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Manikin di Kabupaten Kupang, NTT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai konstruksi empat bendungan baru pada tahun ini. Targetnya, akan ada enam bendungan yang akan dibangun pada 2022.

Seluruh bendungan yang akan dibangun pada tahun ini dijadwalkan rampung pada 2024. Empat yang telah mendapatkan anggaran adalah Bendungan Riam Kiwa di Kalimantan Selatan, Bendungan Cibeet serta Cijurey di Jawa Barat, serta Bendungan Cabean di Jawa Tengah. 

Advertisement

"Bendungan Kolhua dan Bendungan Kedung Langgar masih tentatif," kata Direktur Bendungan dan Danau Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono kepada Katadata.co.id, Kamis (10/2).

Airlangga menyatakan seluruh konstruksi bendungan baru akan dimulai pada paruh kedua 2021. Kementerian saat ini juga akan fokus menyelesaikan pembangunan bendungan yang seharusnya rampung 2021.

Ada tiga bendungan yang seharusnya diresmikan pada 2021, yakni Bendungan Sukamahi, Bendungan Ciawi, dan Bendungan Margatiga. Sementara itu, bendungan terdekat yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo paling dekat adalah Bendungan Margatiga. 

Adapun jumlah bendungan yang seharusnya rampung tahun ini sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) adalah 15 unit. Bendungan yang tidak akan diresmikan tahun ini adalah Bendungan Meninting, Lau Simeme, Cipanas, Sidan, Semantok, Marangkayu, Keureuto, Karian, dan Manikin.

Dengan demikian, sasaran jumlah bendungan baru sesuai RPJMN 2020-2024 hanya berjumlah 9  unit. Sedangkan total bendungan baru selama pemerintahan Joko Widodo menjadi 40 unit. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement