MUI Beri Stempel Halal Vaksin Covid-19 Merah Putih Bikinan Unair

Ameidyo Daud Nasution
11 Februari 2022, 08:08
vaksin merah putih, vaksin, covid-19, halal
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi vaksinasi Covid-19

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memberikan sertifikat halal bagi Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia. Fatwa ini telah diputuskan saat rapat pleno Komisi Fatwa MUI bersama produsen serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (7/2) lalu.

Tim dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) juga telah memeriksa dokumen maupun proses produksi vaksin Covid-19 ini di Bogor, Jawa Barat. Hasilnya telah dilaporkan kepada pimpinan Komisi Fatwa MUI untuk mendapatkan kajian aspek keagamaan.

Advertisement

“Vaksin Covid-19 produksi PT Biotis bekerja sama Universitas Airlangga hukumnya suci dan halal,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh pada konferensi pers di Jakarta, Kamis (10/2) seperti dikutip dari laman resmi MUI.

BPOM juga telah memberikan informasi dari segi keamanan dan kelayakan serta rekomendasi uji klinis. Niam mengatakan fatwa ini merupakan dukungan MUI dalam pengembangan vaksin Merah Putih yang aman dan terjamin kehalalannya.

“Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim dan aspek halal menjadi bagian tak terpisahkan dari pengamalan keagamaan,” katanya.

Sedangkan Biotis menargetkan mampu memproduksi 240 juta dosis vaksin Merah Putih per tahun. Saat ini vaksin tersebut tengah dalam proses uji klinis tahap pertama dengan sasaran 90 orang.

Jika hasilnya telah keluar, maka proses akan dilanjutkan dengan fase kedua dan ketiga. “Kami berharap emergency use authorization bisa didapatkan pada Juli,” kata Direktur Utama PT Biotis FX Sudirman, Kamis (10/2) dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement