Bandara Juanda dan Ngurah Rai Kembali Dibuka untuk WNA Segala Tujuan

Rizky Alika
15 Februari 2022, 10:48
bandara, covid-19, bali, surabaya
ANTARA FOTO/Fauzan/nym.
Seorang WNA berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/2/2022).

Pemerintah memperluas pintu keberangkatan dan kedatangan internasional. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah membuka Bandara Juanda Surabaya dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk pelaku perjalanan internasional WNI maupun WNA.

Selain itu, Bandara Juanda juga dibuka untuk keberangkatan dan kedatangan jemaah umrah."Bandara Ngurah Rai akan dibuka untuk WNA dan WNI dengan segala tujuan tidak hanya wisatawan," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (15/2).

 Selain itu pintu laut Bali juga akan dibuka untuk WNI dan WNA yang menggunakan kapal pesiar (cruise) dan kapal layar (yacht). Namun, Luhut belum menjelaskan kapan pintu masuk internasional tersebut akan mulai dibuka.

Pada kesempatan yang sama, pemerintah juga mengurangi durasi karantina pelaku perjalanan internasional. Pada pekan depan, masa karantina untuk WNI dan WNA yang telah vaksinasi dosis penguat (booster) akan dikurangi menjadi tiga hari.

Namun, pelaku perjalanan tetap harus menjalankan tes Covid-19 awal (entry test) dan tes Covid-19 akhir (exit test). Exit test dilakukan pada pagi di hari ketiga. "Tes PCR bisa keluar dalam beberapa jam," kata Luhut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...