Cegah Kembali Terinfeksi Covid-19, Ini Beberapa Saran Ahli

Image title
2 Maret 2022, 20:16
Ilustrasi Covid-19
Pixabay/geralt
Ilustrasi Covid-19

Seseorang berpotensi tertular virus corona lebih dari sekali atau reinfeksi Covid-19. Bahkan sejumlah kasus penularan corona di Indonesia merupakan reinfeksi atau tertular kembali.

Oleh sebab itu ahli memberikan saran agar peluang reinfeksi dapat diminimalkan. Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi, Iris Rengganis mengatakan selain melakukan vaksinasi, masyarakat tetap perlu mempertimbangkan asupan gizi yang diperoleh.

Menurut Iris, pilihan makanan menjadi penting selama masa pandemi Covid-19 lantaran virus tersebut menyerang lemahnya daya tahan tubuh. Makanan dengan gizi yang seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Iris memberi saran agar banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, konsumsi protein dan juga lemak tetap diperlukan meski tidak dalam jumlah yang banyak. Sedangkan beberapa hal yang disarankan oleh Iris untuk dikurangi adalah konsumsi garam seperti gorengan dan juga konsumsi gula.

"Jadi virus enak dapet makan yang cukup ya padahal buat kita enak tapi membahayakan bisa menurunkan sistem imun kita," ujar Iris dalam diskusi virtual berjudul 'Re-Infeksi Covid-19: Apa yang terjadi pada tubuh kita?' pada Rabu (3/2).

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...