Jokowi Gabungkan Tanah dan Air dari 34 Gubernur di IKN

Rizky Alika
14 Maret 2022, 10:15
ikn, jokowi, ibu kota
Setpres
Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Gubernur Kaltim Isran Noor memulai prosesi penuangan tanah dan air di titik nol IKN, Kalimantan Timur, Senin (14/3). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo akan mulai berkemah di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai Senin (14/3) hingga Selasa (15/3). Pagi ini, Jokowi melakukan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara di Titik Nol Kilometer IKN, Penajam Paser Utara.

Adapun, tanah dan air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh 34 gubernur dari masing-masing provinsi. Air dan tanah itu diambil dari titik lokasi yang sesuai dengan kearifan lokal dan budaya masing-masing.

"Dan Bapak Presiden akan menuangkan di gentong yang sudah kami siapkan menjadi satu dari 34 provinsi," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam pernyataannya, dikutip Senin (14/3).

Saat tiba, Jokowi disambut oleh Sultan Kutai Kertanegara ing Martapura yang ke-XII Adji Muhammad Arifin. Kepala Negara pun melakukan adat tepung tawar untuk melindungi dan membersihkan serta permohonan dijauhkan dari marabahaya. Kemudian, Mantan Wali Kota Solo itu juga disambut dengan tarian Kanjar Ganjur dari Kesultanan Kutai Kertanegara.

Adapun, prosesi diawali dengan penyerahan tanah dan air dari DKI Jakarta yang dibawakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menyerahkan kendi berisi air dan tanah yang diambil dari wilayah Jakarta Utara.

Selanjutnya, masing-masing gubernur turut memberikan air dan tanah yang telah dibawa dalam wadah khas daerah masing-masing. Jokowi pun menuangkan air dan tanah tersebut dalam gentong besar. Dalam kesempatan itu, turut diserahkan pula air dan tanah dari Rumah Pengasingan Presiden Pertama RI Soekarno dari Gubernur Bengkulu.

Jokowi Anies IKN
Jokowi Anies IKN (Setpres)

Selepas acara tersebut, Presiden dan para gubernur melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing. Pada malam harinya, Jokowi direncanakan untuk bermalam di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...