Dilarang Ikut Parade Bareng Pembalap MotoGP, Jokowi: Lemas Saya

Jokowi berencana menonton langsung perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pekan ini
Image title
16 Maret 2022, 12:45
jokowi, motogp, motor
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai melepas parade pembalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Presiden Joko Widodo telah melepas parade para pembalap MotoGP dari Istana Negara ke Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta. Meski demikian, ia tak ikut pawai tersebut meski sebelumnya dikabarkan akan masuk rombongan.

Kepala Negara mengatakan, ia tidak diperbolehkan pihak protokol istana mengikuti parade MotoGP tersebut. "Tidak diperbolehkan dari sisi keamanan. Jadi tadi saya lemas gitu," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/3).

 

Sebelum melepas rombongan, Mantan Wali Kota Solo itu sempat berbincang dengan para rider. Jokowi mengatakan kepada para pembalap bahwa Indonesia memiliki 122 juta motor. "Jadi saya sampaikan fans ada di Indonesia itu banyak sekali. Senang sekali," ujar dia.

Advertisement

Adapun, Jokowi berencana menonton langsung perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika selama satu hari. Namun, Presiden belum bisa memastikan kapan akan menonton ajang balap tersebut. Sementara, gelaran tersebut akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Mandalika, Lombok.

Sebagai informasi, parade diikuti oleh 20 pembalap yang terdiri dari 16 pembalap MotoGP, 2 pembalap Moto2, 1 pembalap Moto3, dan 1 pembalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC).

Parade MotoGP dilakukan dengan pengawalan ketat dari petugas kepolisian. Selain itu, turut ikut dalam iring-iringan sejumlah pengendara sepeda motor dari berbagai komunitas. Selama berparade, para pembalap tampak menyapa penggemar di sepanjang jalan.

PARADE PEMBALAP MOTOGP DI JAKARTA
PARADE PEMBALAP MOTOGP DI JAKARTA (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.)

 

Ajang balap motor internasional di NTB ini diharapkan dapat mengerek wisatawan ke daerah tersebut. Pada pergelaran MotoGP, jumlah kru diprediksi mencapai empat kali lipat.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memperkirakan, ada 2.500 orang yang terlibat dalam ajang tersebut. Ini artinya, sekurangnya ada 1.250 kamar yang bakal disewa.

Tak hanya manusia, setiap tim membawa logistik masing-masing untuk keperluan balap. PT Angkasa Pura Logistik mencatat, total barang yang masuk (incoming) yang dibawa oleh kru pada saat tes pramusim hingga gelaran MotoGP Indonesia 2022 mencapai 350 ton.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait