Sandiaga Perkenalkan 300 Produk Fesyen hingga Kuliner RI di MotoGP

Sandiaga berharap MotoGP dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi
Ameidyo Daud Nasution
19 Maret 2022, 15:44
motogp, ekonomi kreatif, sandiaga uno,
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan sambutan saat kegiatan Digital Business Day rangkaian Internationale Tourismus-Borse (ITB) Berlin 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (17/3/2022).

Rangkaian ajang MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat telah dimulai pada 18 Maret. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadikan ajang balapan motor ini untuk mendukung pemulihan sektor yang dibinanya.

Salah satu caranya dengan memperkenalkan produk ekonomi kreatif lewat “Planogram Goes to Mandalika” di lokasi yang sama. Sandiaga mengatakan ada 300 produk asal Indonesia yang dipamerkan.

“Terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner,” katanya, Sabtu (19/3) dikutip dari Antara.

 

Advertisement

Kemenparekraf akan mendukung pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Beberapa caranya adalah memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi agar memperkuat daya tari bagi wisatawan.

“Kita harus menghadirkan produk berkualitas yang tentunya menjadi momentum kebangkitan ekonomi,” katanya.

Sedangkan  MotoGP Indonesia adalah seri kedua dari Kejuaraan Dunia 2022. Adapun seri pertama telah digelar di Qatar dengan pembalap Gresini Racing asal Italia, Enea Bastianini di posisi pertama.

LATIHAN BEBAS 2 MOTO2 MANDALIKA
LATIHAN BEBAS 2 MOTO2 MANDALIKA (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.)

 

Presiden Joko Widodo akan menyaksikan langsung gelaran MotoGP Mandalika 2022 selama sehari. Berdasarkan informasi yang diterima Katadata.co.id, Kepala Negara akan menonton MotoGP pada akhir pekan ini, Minggu (20/3). "(Nonton) hari Minggu," kata salah satu sumber dari lingkaran pemerintah, Jumat (18/3).

Jokowi sebelumnya mengatakan seluruh tiket balapan sepeda motor tersebut telah habis terjual. Kepala Negara berharap, ajang ini akan menjadi brand baru Indonesia di mata global. Apalagi, Indonesia saat ini telah memiliki sirkuit balap yang tidak kalah dengan negara lainnya.

"Target tiket yang kita berikan 60 ribu alhamdulilah semua sudah terjual," kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3).

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait