Jokowi Bertemu Bos Islamic Development Bank, Bahas EBT hingga G20

Jokowi dan IsDB tengah mengkaji potensi kerja sama pendanaan proyek di Indonesia.
Image title
28 Maret 2022, 16:09
jokowi, islamic development bank, ebt, pendidikan, g20
Antara
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Islamic Development Bank (IsDB), Mohammed Al Jasser di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (28/3). (Foto: Antara)

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Islamic Development Bank (IsDB), Mohammed Al Jasser di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/3). Dalam kunjungan tersebut, keduanya membahas kerja sama dalam sejumlah program prioritas pembangunan Indonesia, salah satunya pada bidang infrastruktur seperti Energi Baru Terbarukan (EBT) hingga teknologi digital.

Selain membahas EBT, keduanya juga membahas keuangan berkelanjutan yang menjadi tantangan besar. Jokowi dan Jasser juga membicarakan solusi perubahan iklim yang menjadi prioritas oleh Islamic Development Bank.

"Bapak Presiden menyampaikan potensi-potensi renewable di Indonesia," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/3).

Pertemuan Jokowi dengan Jasser juga mendiskusikan bidang kesehatan dan pendidikan. Ini lantaran Islamic Development Bank turut mendukung pengadaan vaksin dan penanganan pandemi.

"Islamic Development Bank banyak sekali memberikan pembangunan kampus-kampus universitas di Indonesia," ujar Bendahara Negara itu.

Hal lain yang dibahas ialah teknologi digital yang juga dipandang sebagai prioritas oleh Presiden Islamic Development Bank. Selama tiga hari terakhir, Jasser sudah melakukan kunjungan ke berbagai proyek, termasuk ke Universitas Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI).

"(Kunjungan) untuk melihat riset yang potensial yang bisa dibagikan pada negara-negara anggota Islamic Development Bank yang lain," ujar Sri Mulyani.

Selain itu, Islamic Development Bank mendukung Presidensi G20 di tengah situasi yang menantang. Jasser direncanakan kembali mengunjungi Tanah Air pada pertemuan G20 di Bali pada Oktober mendatang.

Jasser mengatakan ia dan Jokowi telah mengkaji potensi kerja sama pendanaan di Indonesia. "Saya memastikan bahwa saya dan Sri Mulyani bekerja untuk memperkuat hubungan Islamic Development Bank dan Indoensia," ujar dia.

Adapun, turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu.

Reporter: Rizky Alika

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait