Pertemuan Sektor Kesehatan G20 Bahas Prokes Global hingga Atasi TBC

Agenda sektor kesehatan G20 tersebut juga membahas pengembangan manufaktur kesehatan untuk pencegahan dan persiapan krisis yang akan datang.
Ameidyo Daud Nasution
28 Maret 2022, 20:26
g20, kesehatan, tbc
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Prosesn masuknya Pelaku Perjalanan Luar Negeri di selasar Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (24/3/2022).

Kementerian Kesehatan menggelar rangkaian pertemuan Health Working Groups (HWG) dengan tema Harmonizing Global health Protocol Standards di Yogyakarta pada Senin (28/3) hingga Rabu (30/3).

Pertemuan ini merupakan bagian dari Sherpa Track Presidensi G20. Agenda yang dibahas antara lain penerapaprotokol kesehatan global hingga penanganan penyakit tuberculosis (TBC).

HWG digelar secara luring dan daring dengan dihadiri 70 delegasi mancanegara serta 50 delegasi lokal. Agenda HWG 1 akan membahas khusus harmonisasi standar protokol kesehatan global pencegahan Covid-19.

“Untuk menunjang interkonektivitas dan konektivitas sistem informasi kesehatan dari berbagai negara guna memudahkan perjalanan internasional,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes drg. Widyawati dalam keterangan tertulis, Senin (28/3).

 

HWG 2 akan membahas pengembangan ketahanan kesehatan global. Sedangkan HWG 3 mendiskusikan pembangunan manufaktur untuk pencegahan dan persiapan krisis kesehatan yang akan datang.

Pertemuan HWG 1 akan dibagi menjadi 6 sesi. Tiga sesi secara khusus membahas Harmonizing Global Health Protocols atau harmonisasi protokol kesehatan antar negara.

Setelah enam sesi, HWG 1 akan dilanjutkan dengan G20 Side Event TBC pada Kamis (29/3) hingga Jumat (30/3). Tema yang diangkat adalah Pembiayaan Penanggulangan TBC: Mengatasi Disrupsi COVID-19 dan Membangun Kesiapsiagaan Pandemi Masa Depan.

Pertemuan ini juga akan menjadi komitmen internasional dalam mengakhiri TBC pada 2030. “Utamanya meningkatkan pendanaan bagi pencegahan dan penanggulangan TBC yang berkelanjutan,” ujar Widyawati.

 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait