Bertemu BEM UI, Luhut Tolak Bongkar Big Data Pendukung Tiga Periode

Ameidyo Daud Nasution
12 April 2022, 16:12
luhut, mahasiswa, UI
Humas Setkab/Agung Bin
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers setelah Rapat Terbatas mengenai Evaluasi PPKM, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/01/2022)

Isu penundaan Pemilihan Umum 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden masih terus memanas beberapa hari belakangan. Bahkan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia sampai meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk membongkar data soal dukungan penundaan pemilu.

BEM UI menemui Luhut yang menjadi pembicara di Balai Sidang UI Kampus Depok, Jawa Barat, Selasa (12/4). Saat acara dimulai, para angota BEM UI menyampaikan protes di luar ruangan.

Usai acara Luhut lalu menyambangi para mahasiswa yang protes. Ia lalu ditodong untuk membuka big data yang disebut-sebut menunjukkan keinginan masyarakat menunda pemilu.

Meski demikian, Luhut enggan membongkar dari mana data tersebut berasal. "Kamu tidak berhak menuntut saya (membuka data) karena saya punya hak untuk itu," kata Luhut seperti disiarkan oleh Kompas TV, Selasa (12/4).

Mahasiswa yang mendengar hal tersebut tak puas dan menyebut Luhut otoriter. Namun mantan Menko Polhukam itu langsung menyanggah tudingan BEM UI. "Kalau saya otoriter saya tidak akan datang ke kamu," katanya.

BEM perlu mengetahui persoalan ini lantaran Luhut merupakan pejabat publik dan perlu mempertanggungjawabkan big data tersebut kepada masyarakat. "Karena ini narasi dari pejabat publik seolah mengizinkan tiga periode," ujar salah seorang anggota BEM UI.

Luhut menjawab bahwa Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa Pemilu akan berlangsung pada 14 Februari 2024. Ia lalu meminta para mahasiswa tidak lagi berasumsi ada penundaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...