Ahli Minta Jokowi Genjot Tes Covid-19 saat Transisi RI Menuju Endemi

Amelia Yesidora
26 April 2022, 16:49
covid-19, endemi, jokowi, tes
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah calon penumpang melakukan tes swab sebelum keberangkatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (21/12/2021). Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengatakan, jumlah penumpang bus alami kenaikan hingga 10 persen pada menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan masa peralihan dari pandemi ke endemi Covid-19 di Indonesia selama enam bulan. Ahli wabah meminta Jokowi  meningkatkan pengawasan atas kasus positif dalam masa peralihan tersebut.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan pengawasan pemerintah sudah tidak sekencang pada awal pandemi. Tes Covid-19 yang dilakukan masyarakat sudah jauh berkurang.

“Antisipasi dari tes covid pada perjalanan itu tidak bisa dihilangkan. Itu namanya surveillance pasifnya diaktifkan,” kata Miko kepada Katadata.co.id, Selasa (26/4).

Miko juga meminta agar program pencegahan tetap aktif, baik memakai masker hingga mencegah kerumunan. Masa transisi enam bulan tidak dihabiskan dengan menunggu, namun menyiapkan langkah-langkah untuk bisa keluar dari status pandemi.

“Karena walaupun indikator vaksinasi itu sudah meningkat, tapi dengan Omicron tetap meledak di gelombang ketiga, itu menunjukkan bahwa vaksin tidak benar-benar mencegah penularan,” kata Tri Yunis.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...