Jokowi Undang Zelenskyy ke G20, Dubes Ukraina: Jalan Masih Panjang

Dubes Ukraina menyebut Rusia menjadi masalah dalam sistem keamanan global saat ini.
Ameidyo Daud Nasution
28 April 2022, 12:17
ukraina, g20, rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Gleb Garanich/WSJ/sad.
Gleb Garanich Seorang wanita menangis saat dia turut serta dalam rapat umum yang menuntut para pemimpin internasional mengatur koridor kemanusiaan untuk evakuasi militer Ukraina dan warga sipil dari Mariupol di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di Kyiv tengah, Ukraina, Rabu (27/4/2022).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengaku diundang Presiden Joko Widodo untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober - November mendatang.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengatakan bahwa Zelenskyy berterima kasih atas undangan tersebut. Meski demikian, hal tersebut masih memerlukan proses.

"Ini masih menjadi jalan yang panjang," kata Hamianin dalam pesan kepada awak media, Rabu (28/4).

Dia mengatakan KTT G20 mendatang seharusnya membahas masalah seperti pangan, energi, hingga kesehatan. Namun Rusia disebutnya membuat masalah pada sistem keamanan global.

"Poinnya, apakah mereka patut menjadi bagian sistem keamanan global," kata Hamianin.

Sebelumnya Volodymyr Zelenskyy mengatakan dirinya diundang Presiden Joko Widodo untuk hadir di KTT G20 di Bali November mendatang. Ia juga mengaku telah berbicara langsung dengan Jokowi untuk membahas undangan itu. 

Keduanya juga membahas isu lain seperti ketahanan pangan. Selain itu Zelenskyy juga berterima kasih kepada Jokowi atas dukungannya terhadap kedaulatan wilayah Ukraina.

"Terutama dalam posisi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," kata Zelenskyy dalam akun Twitternya, Rabu (27/4).

Sedangkan Jokowi mengatakan Indonesia akan medukung segala upaya negosiasi damai. "Kami juga siap memberikan bantuan kemanusiaan," kata Jokowi dalam akun Twitternya, Kamis (28/4).

Reporter: Gabriel Wahyu Titiyoga

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait