Jokowi Bicara dengan Putin, Minta Akhiri Perang di Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
29 April 2022, 16:13
putin, jokowi, ukraina
ANTARA FOTO/BPMI/rwa.
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022). Pemerintah menetapkan libur nasional Idul Fitri 1443 H yaitu 2-3 Mei 2022, serta cuti bersama Idul Fitri pada 29 April serta 4-6 Mei 2022.

Presiden Joko Widodo telah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin serta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengenai konflik dua negara Eropa Timur tersebut. Dalam pembicaraan, Jokowi mengatakan kepada Putin tentang pentingnya mengakhiri perang. 

Jokowi dan Putin berbicara lewat sambungan telpon pada Kamis (28/4) pukul 19.00 WIB.   Dalam perbincangan, Putin mengabari Jokowi kondisi terakhir termasuk proses negosiasi Rusia dan Ukraina. 

"Saya tekankan pentingnya perang diakhiri dan solusi damai dikedepankan," kata Jokowi dalam konferensi pers, Jumat (29/4).

Jokowi mengatakan, Indonesia siap berkontribusi untuk mendinginkan konflik. Putin juga berterima kasih atas undangan RI untuk hadir dalam agenda KTT G20 mendatang.

"Indonesia ingin menyatukan G20, jangan sampai ada perpecahan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengundang Zelenskyy untuk datang ke KTT G20 November mendatang.  Ini penting karena situasi Ukraina dan Covid-19 adalah dua hal besar yang jadi tantangan pemulihan ekonomi dunia.

UKRAINE-CRISIS/CHERNIHIV-REGION
UKRAINE-CRISIS/CHERNIHIV-REGION (ANTARA FOTO/REUTERS/Vladyslav Musiienko/WSJ/sad.)

"Sedangkan G20 adalah katalisator ekonomi dunia," ujar Jokowi.

 Indonesia memang tetap berencana mengundang Putin di forum pimpinan G20 pada November mendatang. Meskipun banyak negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang menolak kehadiran Putin dan perwakilan Rusia di G20.

Sedangkan Zelenskyy  juga mengaku telah berbicara langsung dengan Jokowi untuk membahas undangan itu. Keduanya juga membahas isu lain seperti ketahanan pangan.

Sebelumnya Amerika Serikat masih berkeras untuk menolak kehadiran Rusia dalam pertemuan G20. AS juga membuka kemungkinan bahwa isu Ukraina akan diangkat dalam forum yang akan digelar November mendatang.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...