Jokowi Minta Jepang Buka Pasar untuk Produk Pertanian dan Perikanan RI

Amelia Yesidora
29 April 2022, 20:58
jokowi, jepang, pertanian
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Kunjungan ini menghasilkan kesepakatan kerjasama bilateral antar dua negara, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Dalam bidang perdagangan, Jokowi dan Kishida sepakat untuk mengintensifkan negosiasi Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Jokowi lalu meminta Jepang mengurangi hambatan perdagangan kedua negara. 

Advertisement

“Secara khusus saya menyampaikan permintaan pembukaan akses bagi produk pertanian dan perikanan Indonesia ke pasar Jepang,” ujar Jokowi dalamsiaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4). 

Jokowi juga menyambut baik ekspansi perusahaan otomotif Jepang seperti Mitsubishi dan Toyota. Meski demikian, ia berharap ada investasi baru dari sektor industri semen, teknologi pertanian, hingga kesehatan dari Negeri Sakura.

"Serta menjadikan Indonesia sebagai bagian penting rantai pasok global," kata Presiden.

Jokowi juga mengajak Jepang untuk berpartisipasi dalam membangun proyek infrastruktur seperti Ibu Kota Nusantara (IKN) serta Pelabuhan Ambon. Presiden juga menyambut kelanjutan proyek Pelabuhan Patimban fase 1 tahap 2.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement