Jokowi Minta Jepang Buka Pasar untuk Produk Pertanian dan Perikanan RI

Jokowi berharap ada investasi baru dari sektor industri semen, teknologi pertanian, hingga kesehatan dari Jepang.
Image title
29 April 2022, 20:58
jokowi, jepang, pertanian
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Kunjungan ini menghasilkan kesepakatan kerjasama bilateral antar dua negara, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Dalam bidang perdagangan, Jokowi dan Kishida sepakat untuk mengintensifkan negosiasi Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Jokowi lalu meminta Jepang mengurangi hambatan perdagangan kedua negara. 

“Secara khusus saya menyampaikan permintaan pembukaan akses bagi produk pertanian dan perikanan Indonesia ke pasar Jepang,” ujar Jokowi dalamsiaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4). 

Jokowi juga menyambut baik ekspansi perusahaan otomotif Jepang seperti Mitsubishi dan Toyota. Meski demikian, ia berharap ada investasi baru dari sektor industri semen, teknologi pertanian, hingga kesehatan dari Negeri Sakura.

Advertisement

"Serta menjadikan Indonesia sebagai bagian penting rantai pasok global," kata Presiden.

Jokowi juga mengajak Jepang untuk berpartisipasi dalam membangun proyek infrastruktur seperti Ibu Kota Nusantara (IKN) serta Pelabuhan Ambon. Presiden juga menyambut kelanjutan proyek Pelabuhan Patimban fase 1 tahap 2.

"Serta penyelesaian proyek infrastruktur yang sudah berjalan seperti Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta," kata mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi turut menyambut baik partisipasi Jepang dalam pembangunan fasilitas kelautan dan perikanan Tanah Air. Dua proyek yang sudah selesai dibangun berada di Natuna, Kepulauan Riau dan Biak, Papua.

“Dan komitmen pembangunan sentra-sentra serupa di Sabang, Pulau Moa, Saumlaki, dan Morotai,” kata Jokowi.

Kunjungan PM Kishida ke Indonesia akan berakhir besok, Sabtu (30/4). Indonesia juga merupakan negara kedua di Asia yang dikunjunginya setelah resmi menjabat sebagai PM Jepang menggantikan Yoshihide Suga.

Reporter: Amelia Yesidora
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait