Pakar Sebut Hepatitis Akut Belum Tentu Jadi Wabah Dunia, Ini Alasannya

Ameidyo Daud Nasution
4 Mei 2022, 17:10
hepatitis akut, who, wabah
123rf.com
Ilustrasi anak sakit

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan sebuah Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis akut. Meski demikian mantan Direktur Penyakit Menular WHO Prof. Tjandra Yoga Aditama mengatakan penyakit tersebut belum tentu mewabah.

Hepatitis misterius pertama kali dilaporkan pada 15 April 2022 oleh Inggris. WHO lalu menyatakan penyakit tersebut dalam Disease Outbreak News (DONs). Saat ini hepatitis akut telah menulari 200 pasien di 20 negara.

"Perlu diketahui kalau ada penyakit apapun di dunia yang tidak seperti biasa, akan dimasukkan WHO dalam daftar DONs," kata Tjandra pada Rabu (4/5) dikutip dari Antara.

Tjandra menjelaskan bahwa DONs merupakan prosedur rutin WHO untuk menyajikan informasi ke dunia tentang kejadian kesehatan masyarakat yang penting atau berpotensi penting.

Bersamaan hepatitis akut, pada April 2022 ada 10 penyakit yang dikategorikan DONs di WHO. Beberapa di antaranya adalah kolera di Malawi, malaria di Somalia, ebola di Kongo, hingga MERS CoV di Arab Saudi.

"Ini maksudnya agar dunia mengetahui informasi awal dan jadi perhatian bersama, belum tentu menjadi wabah luas dunia," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...