Fakta Terkini Hepatitis Akut, Gejala hingga Dugaan Penyebabnya

Ameidyo Daud Nasution
4 Mei 2022, 17:31
hepatitis akut, penyakit, kesehatan
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Ilsutrasi perwawatan anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai di Kota Dumai, Riau, Rabu (27/11/2019).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan sebuah Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis akut. Penyakit ini menyerang anak-anak usia satu bulan hingga 16 tahun.

Tak hanya itu, hepatitis akut juga telah menyebar hingga beberapa negara. Bahkan Indonesia telah melaporkan tiga orang anak meninggal dunia diduga karena penyakit ini.

Meski demikian, penyebab penyakit ini rupanya belum diketahui secara pasti. "Yang paling penting tetap deteksi dini, ketahui gejalanya.  Jika mengalami gejala, segera periksakan," kata ahli kesehatan anak-anak Prof. dr. Aman Pulungan dalam unggahan di Instagramnya, Rabu (4/5).

Dalam unggahannya, Aman menjelaskan beberapa fakta terkini penyakit tersebut mulai dari gejala hingga dugaan penyebabnya.

Gejala

WHO telah menjelaskan definisi kasus probable hepatitis akut. Anak yang terindikasi terkena penyakit hati tersebut bukan disebabkan virus Hepatitis A-E. Adapun pemeriksaan laboratorium harus menunjukkan peningkatan enzim hati (SGOT/SGPT) lebih besar dari 500 u/L.

 Gejala penyakit ini adalah mual serta muntah, diare, hingga ikterus (kuning di kulit dan mata). Sebanyak 58% pasien juga memiliki gejala berupa tinja berwarna pucat dan 29% mengalami demam.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Aman Pulungan (@amanpulungan)

Kemungkinan Penyebab 

Aman dalam unggahannya juga menjelaskan berbagai kemungkinan penyebab hepatitis akut. Dari data WHO, sebanyak 74 kasus dilaporkan memiliki adenovirus. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...