Jokowi Akan Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS dan Temui Biden di Washington

Jokowi dan pemimpin ASEAN akan membicarakan pandemi, kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi, dan tantangan geopolitik global dengan Biden.
Image title
9 Mei 2022, 15:16
jokowi, asean, amerika serikat
Kementerian Luar Negeri
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-38 dan 39 secara virtual, Selasa (26/10)

Presiden Jokowi bersama para pemimpin ASEAN akan bertemu di Washington DC, Amerika Serikat (AS) dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN dan AS yang berlangsung pada 12-13 Mei 2022. Jokowi akan berangkat besok, Selasa (10/5) dan kembali ke Tanah Air pada Sabtu (14/5). 

Melansir informasi dari laman Kementerian Luar Negeri, pertemuan ini akan membahas penanganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi, dan tantangan geopolitik kawasan dan global. Adapun, Indonesia saat ini didapuk menjadi koordinator hubungan antara ASEAN dan Amerika Serikat. 

 

Jubir Kemenlu RI Teuku Faizasyah mangatakan kunjungan Jokowi ini tidak terbatas pada pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden saja. Hari pertama, 12 Mei 2022 Presiden Jokowi diagendakan menghadiri makan malam bersama Presiden Biden serta pertemuan dengan pelaku bisnis di Amerika Serikat.

Advertisement

“Untuk membahas kerja sama ekonomi, kalau tidak salah,” jelas Faizasyah pada Katadata melalui sambungan telepon, Senin (9/5).  Keesokan harinya, 13 Mei 2022 Jokowi akan menghadiri pertemuan dengan pejabat pemerintah Amerika Serikat.

Pertemuan ASEAN–AS sebelumnya, pada 26 Oktober 2021, dilakukan secara daring dalam jaringan Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. KTT tahun ini juga akan menjadi perayaan 45 tahun kemitraan ASEAN dengan negeri Paman Sam.

Dari data Sekretariat ASEAN, Amerika telah menjadi sumber investasi utama ke ASEAN pada tahun 2020 senilai USD 35 miliar. Selain itu, AS menjadi mitra dagang ASEAN posisi kedua terbesar setelah China.

Sebelumnya Jokowi juga dikabarkan akan bertemu dengan CEO Tesla Inc yang juga pendiri SpaceX, Elon Musk di sela-sela kunjungganya ke AS. Rencananya Presiden akan mengunjungi lokasi peluncuran pesawat antariksa SpaceX di Texas, setelah US-ASEAN Summit yang berlangsung pada 12-13 Mei 2022.

Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani mengatakan Musk ingin bertemu dengan Kepala Negara saat kunjungan ke salah satu perusahaannya itu. "Elon membatalkan janji lainnya dan memprioritaskan kunjungan itu," kata Rosan kepada Katadata.co.id, Selasa (26/4).

 

 

Reporter: Amelia Yesidora
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait