Anies Melawat ke 3 Negara Eropa untuk Bahas Kerja Sama Proyek MRT

Ameidyo Daud Nasution
10 Mei 2022, 16:32
anies, jakarta, mrt, eropa
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) menyampaikan paparannya pada acara Urban20 Sherpa Meeting di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengunjungi tiga negara Eropa yakni Inggris, Jerman, dan Prancis. Salah satu agendanya adalah membahas kerja sama soal transportasi seperti Moda Raya Terpadu (MRT). 

Anies terbang ke Eropa pada Selasa (10/5) dengan tujuan London, lalu Berlin dan Paris selama delapan hari. Ia juga akan memenuhi undangan dari komunitas di Eropa soal mobilitas dan transportasi.

"Pertama menindaklanjuti kerja sama transportasi termasuk pembiayaan MRT dan transportasi lainnya," kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria di Jakarta, Selasa (10/5) dikutip dari Antara. 

Agenda lainnya adalah rencana kerja sama sister city dan smart city. Sebelumnya Jakarta telah memiliki kerja sama sister city  di antaranya dengan Jeddah, Seoul, Tokyo, Los Angeles, hingga Beijing.

Anies sebelumnya juga sempat mendiskusikan rencana elektrifikasi transportasi umum massal denga Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan pada Rabu (23/2) lalu.  Selain itu keduanya membahas program terkait target Jakarta mencapai zero emission pada 2050.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...