Joe Biden Janji AS Bagikan Teknologi Vaksin Covid-19 kepada Dunia

Ameidyo Daud Nasution
13 Mei 2022, 09:09
vaksin, biden, amerika serikat, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/AWW/dj
Jonathan Ernst Presiden AS Joe Biden melambaikan tangan setelah memberikan pidato biaya ekonomi, perawatan kesehatan dan energi untuk keluarga, di Green River College di Auburn, Washington, Amerika Serikat, Jumat (22/4/2022).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berjanji akan berperan dalam menangani pandemi Covid-19. Ia juga berjanji akan membagikan teknologi pengembangan vaksin yang dimiliki AS..

Hal tersebut disampaikan Biden dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Covid-19 2022 yang digelar secara virtual, Kamis (13/5). Teknologi tersebut akan disalurkan lewat Kumpulan Akses Teknologi Covid-19 yang dimiliki Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Termasuk protein lonjakan (spike) yang digunakan dalam banyak vaksin Covid-19," kata Biden dalam pidatonya yang dibagikan laman Gedung Putih, Jumat (13/5).

Selain itu AS juga akan menyetorkan dana kesiapsiagaan pandemi yang dikumpulkan Bank Dunia dengan nilai awal US$ 450 juta atau setara Rp 6,5 triliun. Biden juga memuji Indonesia dan Italia yang membantu terwujudnya urun dana tersebut.

"Saya juga mendorong para pemimpin lain bergabung untuk meningkatkan komitmen mereka," kata Biden.

Dia mengatakan selama pandemi, Negeri Abang Sam telah menyediakan US$ 19 miliar atau setara Rp 277 triliun untuk membantu negara lain memerangi Covid-19. AS juga telah mengirimkan 500 juta dosis vaksin ke 115 negara berbeda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...