Melayat Pemimpin UEA, Jokowi Bertemu dengan Presiden Palestina

Ameidyo Daud Nasution
16 Mei 2022, 09:02
jokowi, abu dhabi, palestina
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan, dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat bertakziah atas meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan di Abu Dhabi, Minggu (15/5). Foto; Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo telah mengakhiri kunjungannya di Amerika Serikat pada Sabtu (14/5). Sebelum menuju tanah air, Presiden sempat transit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk melayat Presiden kedua UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang meninggal dunia.

Saat melayat, Jokowi sempat bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang kebetulan juga sedang bertakziah. Momen ini sempat dibagikan Presiden lewat akun Instagramnya pada Senin (16/5).

"Saya dan Presiden Mahmoud sama-sama datang ke Persatuan Emirat Arab untuk bertakziah atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan," kata Jokowi dalam akun Instagramnya, Senin (16/5).

Jokowi juga sempat mengunggah foto dirinya memeluk Presiden ketiga UEA yang baru menjabat yakni Mohamed bin Zayed. Dalam foto tersebut, tampak Jokowi yang mengenakan setelan jas lengkap dengan peci hitam sedang bersalaman dan berpelukan dengan MBZ.

Hadir mendampingi Presiden, Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaririman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Sebelum kembali bertolak ke tanah air, Jokowi sempat memberikan keterangan pers. Ia menyampaikan wafatnya Sheikh Khalifa bukan hanya kehilangan untuk UEA, namun untuk wilayah Timur Tengah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

"Sekali lagi, kita semua mendoakan agar almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah," kata Jokowi.

Presiden, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan rombongan menteri telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Senin (16/5). Saat tiba, Jokowi disambut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, hingga Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...