Partai Buruh Menang Pemilu, Anthony Albanese jadi PM Baru Australia

Ameidyo Daud Nasution
23 Mei 2022, 13:05
australia, anthony albanese, partai buruh
Reuters
Perdana Menteri Australia yang baru dilantik Anthony Albanese. Foto: Reuters.

Pemimpin Partai Buruh Australia yakni Anthony Albanese telah dilantik sebagai Perdana Menteri ke-31 negara tersebut pada Senin (23/5). Hal ini sekaligus menandai kembalinya kekuasaan Partai Buruh usai sembilan tahun menjadi oposisi.

Albanese usai mengambil sumpah berjanji menyatukan lagi Australia setelah kampanye yang membelah masyarakat. Ia juga bersumpah untuk mengatasi masalah iklim dan ketidaksetaraan.

"Saya berharap membuat bangga warga Australa dan tidak berusaha memecah belah tapi menyatukan masyarakat," kata Albanese dalam konferensi pers pertamanya, Senin (23/5) dikutip dari Reuters.

Meski pemungutan suara masih dihitung, Albanese tetap diambil sumpahnya oleh Gubernur Jenderal David Hurley di Canberra. Hal ini agar PM baru tetap dapat menghadiri pertemuan kunci keamanan "Quad" di Tokyo pada Selasa (24/5).

Quad adalah kelompok informal yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan India. tujuannya melawan aktivitas politik, komersial, hingga militer Cina yang terus meningkat di Indo-Pasifik.

Selain itu Wakil Pemimpin Partai Buruh Richard Marles juga dilantik sebagai Wakil PM Australia. Tiga nama lain yang mengambil sumpah adalah Penny Wong sebagai Menteri Luar Negeri, Jim Chalmers sebagai Bendahara Negara, dan Katy Gallagher selaku Menteri Keuangan.

Adapun hingga saat ini penghitungan hasil suara Pemilu Australia masih dalam proses penyelesaian. Partai Buruh mendapatkan 75 kursi dari 151 yang tersedia di parlemen. Sedangkan lawan utamanya, Partai Liberal hanya berhasil meraup 26 kursi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...