Syafii Maarif, Tokoh Muhammadiyah yang Pluralis dan Sahabat Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
27 Mei 2022, 11:57
syafii maarif, muhammadiyah, profil
Antara
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif. Foto: Antara.

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB. Ia  wafat pada usia 86 tahun setelah dirawat di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Yogyakarta.

Buya Syafii Maarif, panggilan akrabnya, merupakan Ketua Umum ke-13 PP Muhammadiyah dan menjabat pada 1998 hingga 2005. Ia juga merupakan pemikir terutama dalam agama Islam.

Dikutip dari berbagai sumber, Syafii lahir di Nagari Calau, Sumpur Kudus, Sumatera Barat pada 31 Mei 1935. Ia menyelesaikan sekolah dasar pada tahun 1947, dan baru 1950 masuk Madrasah Muhammadiyah di Lintau.

Tahun 1953, ia merantau ke Jawa dengan niat belajar di Yogyakarta. Namun berselang dua tahun kemudian, Syafii memutuskan tak melanjutkan pendidikannya usai merampungkan sekolah di Madrasah Muallimin lantaran masalah biaya.

Sempat pulang kampung hingga mengajar di Lombok, Syafii akhirnya kembali ke Jawa untuk berkuliah di Universitas Cokroaminoto hingga mendapatkan gelar sarjana muda pada 1964.

Dia lalu melanjutkan pendidikannya di Fakultas Keguruan Ilmu Sosial, IKIP Yogyakarta (sekarang menjadi Universitas Negeri Yogyakarta) hingga tamat pada 1968.

Syafii lalu melanjutkan pendidikannnya dengan mengambil Program Master di Departemen Sejarah Universitas Ohio, Amerika Serikat. Tak hanya itu, dia juga memperoleh gelar doktor dari Program Studi Bahasa dan Peradaban, Universitas Chicago.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...