Ahli Minta PPKM Tetap Ada Selama WHO Belum Cabut Status Pandemi Covid

Amelia Yesidora
7 Juni 2022, 20:17
ppkm, covid-19, who
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah penonton menyaksikan pertunjukan musik dengan mengenakan masker di panggung Ramadhan Jazz Festival 2022 di Halaman Masjid Cut Meutia, Jakarta, Sabtu (23/4/2022).

Pemerintah telah menetapkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga bulan depan (4/7). Dari seluruh kabupaten serta kota di Indonesia, hanya ada satu kabupaten yang masih menerapkan PPKM level 2 dan sisanya sudah berada di PPKM level 1.

Wacana penghapusan PPKM juga mulai muncul. Namun ahli mengingatkan pemerintah bahwa pembatasan masih harus dilakukan sepanjang Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum mencabut status pandemi Covid-19. 

“Kemudian dengan hampir semua daerah PPKM Level 1, ya itulah target kita. Bahkan nanti ya mungkin bisa ada Level 1A, 1B,” kata kata Epidemiolog dari Griffth University, Dicky Budiman kepada Katadata.co.id, Selasa (7/6).

Epidemiolog turut mengapresiasi keputusan ini, namun mereka meminta masyarakat tidak gegabah. Ini lantaran negara lain masih memiliki tingkat penularan covid-19 yang cukup tinggi. 

"Kita masih dalam kondisi pandemi karena di belahan lain kondisinya masih serius," 

Di sisi lain, ia juga meminta pemerintah meningkatkan literasi publik terkait risiko Covid-19. Pemerintah perlu rajin menjelaskan kepada masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan meski kasus menurun.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...