Kasus Covid-19 Meningkat Tiga Pekan Terakhir, Masyarakat Perlu Waspada

Amelia Yesidora
8 Juni 2022, 19:18
covid-19, virus corona, satgas
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Polisi membagikan masker kepada pengendara sepeda motor saat mengatur arus lalu lintas di jalur mudik di jalan utama kotaTemanggung, Jawa Tengah Sabtu (30/4/2022).

Kasus Covid-19 tengah menunjukkan tren kenaikan dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini patut menjadi kewaspadaan lantaran Indonesia mampu mempertahankan kasus tetap stabil selama tiga bulan sejak gelombang Omicron.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melaporkan terjadi kenaikan kasus positif Covid-19 secara mingguan sebesar 571 kasus atau setara 31%. Selain itu kasus positif corona secara mingguan tercatat sebesar 2.385 hari ini, naik dari 1.814 pada 22 Mei.

Advertisement

Kasus aktif harian Covid-19 bertambah jadi 3.443 secara mingguan, naik dari 3.105 kasus pada pekan lalu. "Tren ini perlu menjadi perhatian," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Rabu (8/6).

Namun Wiku juga menyebut ada kabar baik dari penanganan kasus Covid-19 dalam tiga minggu belakangan. Kenaikan kasus ini tidak diikuti dengan peningkatan tren pemakaian tempat tidur alias bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit, isolasi harian, hingga kematian pasien secara mingguan.

Sedangkan lima provinsi yang menjadi penyumbang kenaikan kasus aktif sepekan terakhir berasal dari Pulau Jawa. Terbanyak adalah DI Yogyakarta yang mengalami kenaikan 45%, diikuti Banten senilai 38%, dan Jawa Timur sebesar 37%. DKI Jakarta berada di posisi keempat dengan kenaikan sebesar 30% disusl Jawa Barat dengan kenaikan 18%.

“Hal ini sejalan dengan penduduk Indonesia yang terpusat di Pulau Jawa dan aktivitas masyarakat yang saat ini sudah kembali normal,” kata Wiku.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement