Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI yang Disebut Calon Menteri Agraria

Ameidyo Daud Nasution
15 Juni 2022, 11:27
hadi tjahjanto, tni, reshuffle
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) menyematkan tanda pangkat kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kiri) saat upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12).

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada Rabu (15/6). Hadi akan menggantikan posisi Sofyan Djalil yang menjabat sejak 2016.

Sebelum dilantik, Hadi sempat dipanggil oleh Jokowi ke Istana pada Selasa (14/6). Namun ketika ditanya oleh awak media, mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu mengaku tak tahu alasan pemanggilannya oleh Presiden.

Hadi sebelumnya menjabat sebagai Panglima TNI pada periode 2017 hingga 2021. Sebelum menjadi Panglima, ia adalah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada 2017 hingga 2018.

Dikutip dari berbagai sumber, Hadi adalah penerbang AU usai lulus dari AKABRI pada tahun 1986. Ia mengawali karirnya di Skuadron Udara 4 di Pangkalan udara Abdul Rachman Saleh Malang.

Karir pria kelahiran Malang, 8 November 1963 ini di kampung halamannya terus berlanjut hingga 1997. Saat itu ia menjadi Komandan Flight Ops Flightlat Skuadron Udara 32.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...