Mendag Zulkifli Tancap Gas, Janji Bereskan Masalah Minyak Goreng

Andi M. Arief
15 Juni 2022, 15:32
minyak goreng, zulkifli hasan, reshuffle, menteri perdagangan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan mantan Panglima TNI Marsekal Purn Hadi Tjahjanto (kanan) mengikuti upacara pelantikan menteri dan wakil menteri yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Zulkifli Hasan dilantik menjadi Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi dan Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjadikan stabilitas harga minyak goreng curah sebagai fokus utama kepemimpinannya dalam waktu dekat. Saat ini, Zulkifli akan menggodok strategi stabilitas harga komoditas pangan tersebut.

Zulkifli telah resmi dilantik sebagai Menteri Perdagangan siang tadi sekitar pukul 12.30 WIB. Pada hari ini juga, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu akan melakukan upacara serah terima jabatan di Kementerian Perdagangan. 

"Saya InsyaAllah bersama teman-teman bisa cepat menyelesaikan, terutama (stabilisasi harga) minyak goreng. Ketersedian ada, harga terjangkau," kata Zulkifli di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (15/6). 

Meskipun baru akan menggodok strategi, Zulkifli mengatakan salah satu langkah yang dilakukan adalah pengemasan minyak goreng curah dengan kemasan sederhana. Hal ini bertujuan agar proses distribusi lebih efektif dan efisien. 

Zulkifli beralasan pengemasan minyak goreng curah akan meminimalkan potensi kebocoran dan susut dari pemindahan minyak goreng curah dari tangki ke jirigen. Selain itu,  jangkauan distribusi minyak goreng curah dapat lebih luas dengan minyak goreng curah kemasan. 

"Saya dengan terakhir (penanganan distribusi minyak goreng curah) sudah dibikin kemasan sederhana. Itu saya (sudah) usulkan sebulan yang lalu," katanya. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...