Zulkifli Hasan Bakal Jadi Menteri, Berpotensi di Kementerian ATR/BPN

Aryo Widhy Wicaksono
14 Juni 2022, 18:23
reshuffle, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Kabar  reshuffle  atau perombakan kabinet semakin menemukan titik terang. Pada Selasa (14/6), Presiden Joko Widodo memanggil beberapa petinggi partai politik dan kandidat menteri baru. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan tampak hadir dalam pertemuan dengan Jokowi. 

Kabar ini pun dikuatkan oleh Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno,  yang menyatakan partainya akan mendapatkan jatah kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Jabatan menteri nantinya diperuntukkan untuk Zulkifli. "Pak Zul," ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (14/6).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, PAN dikabarkan akan mendapatkan jatah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

Politikus PAN, Bima Arya. juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan beberapa nama untuk mengisi posisi menteri. "Kemungkinan PAN akan dapat jatah satu kursi menteri. Ya kami mendengar informasi liar bahwa kemungkinan reshuffle dilaksanakan. Kami sudah menyiapkan kader tentunya," jelas Bima Arya di kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (14/6).

Nama yang direkomendasikan tersebut sudah ada pada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. "Kami percayakan sepenuhnya pada Ketum. Apakah Ketum mengusulkan kader atau bahkan Ketum sendiri itu kami serahkan sepenuhnya pada ketum dan komunikasi ketum pada presiden tentunya," kata Bima.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, akan ada empat hingga enam menteri yang akan tergeser dari posisinya saat ini. 

Nama lain yang berpeluang masuk adalah mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Hadi Tjahjanto. Hadi kabarnya akan menggantikan Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan.

Hadi bahkan hadir sore ini di Istana Kepresidenan. Ketika ditanyakan awak media, ia mengaku tak mengetahui adanya rencana Jokowi untuk merombak kabinet. "Belum dipikirkan ke sana, hehehe," kata Hadi.

Adapun nama yang dikabarkan terpental adalah Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Ia berpeluang digantikan politisi Nasdem yang juga Mendag periode 2016-2019 Enggartiasto Lukita.

Lutfi juga sempat dipanggil Jokowi ke Istana sore ini dan keluar sekitar pukul 17.40. Saat ditanya soal isu reshuffle, Lutfi langsung masuk ke dalam mobil sedannya dan menutup pintu.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...