Ganjar Bacakan Poin Hasil Rakernas PDIP: Capres Ditentukan Megawati

Ameidyo Daud Nasution
23 Juni 2022, 17:43
pdip, ganjar pranowo, megawati
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) didampingi Bendahara Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (kiri) menjawab pertanyaan jurnalis di sela istirahat pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Rapat Kerja Nasional II PDI Perjuangan Tahun 2021 telah selesai hari ini. Pada penutupan rapat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didapuk Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto untuk membacakan rekomendasi hasil Rakernas.

Salah satu poin rekomendasi yang dibacakan Ganjar adalah penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung PDIP diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung PDIP pada Pemilu 2024, berdasarkan keputusan Kongres V, AD/ART, dan tradisi demokrasi partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai, Megawati Soekarnoputri," kata Ganjar di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis (23/6) dikutip dari Antara.

Usai Ganjar membacakan poin tersebut, hadirin bertepuk tangan dengan riuh. Selain Megawati dan Hasto, hadir pula Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Puan Maharani, Bendahara PDIP Olly Dondokambey, serta para tokoh lainnya.

Selain itu Rakernas juga menyatakan pentingnya menata sistem politik saat Pemilu 2024 agar sesuai dengan demokrasi Pancasila. Caranya dengan korekis sistem pemilu dan praktik politik liberal yang kapitalistik.

Selain itu hasil Rakernas juga menyatakan dukungan terhadap langkah Presiden Joko Widodo menginisasi penyelesaian konflik Rusia dengan Ukraina. Ini merupakan cara Presiden untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...