Ganjar Akui Tersentil Pernyataan Megawati soal Manuver Politik

Image title
22 Juni 2022, 20:18
Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ganjar pranowo, ganjar, pdip, megawati
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Ganjar Pranowo saat ini selalu menempati peringkat tiga besar survei elektabilitas calon presiden (capres).

Politikus PDIP Ganjar Pranowo merespons pernyataan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri perihal manuver politik yang dilontarkan dalam pidato Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada Selasa (21/6). Ia mengaku merasa diingatkan melalui pernyataan tersebut, tetapi menganggap peringatan ini bukan hanya ditujukan kepada dirinya.

“Semua pasti merasa diingatkan dan itu Bu Mega tidak personal. Mbak Puan kemarin sudah membuat pernyataan itu peringatan untuk semua untuk siapapun yang ada di PDIP,” katanya di sela-sela agenda Rakernas II PDIP pada Rabu (22/6).

Advertisement

Ganjar saat ini selalu menempati peringkat tiga besar survei elektabilitas calon presiden (capres). Namun, ia mengaku enggan melakukan manuver politik sebagaimana yang diperingatkan Megawati. Sebagai kader, Ganjar mengaku hanya bisa mengikuti perintah ketua umumnya.

“Kalau partai kan keputusannya hasil kongres di Bu Mega. Semua pasti diminta sudah satu tegak lurus pada satu keputusan Bu Mega,” ujarnya.

Hasil survei terbaru oleh Charta Politika misalnya, nama Ganjar muncul dengan elektabilitas tertinggi di antara tokoh lainnya, yaitu sebesar 25,56%. Walau menempati peringkat tertinggi, ia mengatakan tak ingin jumawa dan menganggap bahwa hasil survei tak mesti menjadi patokan.

“Mungkin yang punya modal partai kali, lebih kepada partai. Biasa saja, masuk-masuk survei tidak lantas GR (gede rasa). Tidak ada di PDIP seperti itu,” ungkapnya.

Ganjar boleh saja tak merasa sebagai pihak yang dituju Megawati terkait peringatan manuver politk. Namun, namanya sempat muncul sebagai salah satu bakal calon presiden (capres) Nasdem. Relawan-relawannya di berbagai daerah juga solid mempromosikan dirinya untuk menjadi capres.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement