Bertemu Presiden Prancis, Jokowi Bahas Konflik Ukraina-Rusia

Ameidyo Daud Nasution
28 Juni 2022, 11:02
jokowi, prancis, ukraina
ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/Handout/sgd/rwa.
Presiden Joko Widodo (kelima kanan) bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz (keenam kanan), Presiden Amerika Serikat Joe Biden (keempat kanan) dan sejumlah pemimpin negara melakukan sesi foto saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman (Senin (27/6/2022).

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Jerman, Senin (28/6). Salah satu yang menjadi pembahasan adalah situasi Ukraina.

Jokowi sempat memberikan apresiasi atas usaha Macron untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina. Apalagi situasi konflik saat ini sangat kompleks.

"Namun kita perlu upayakan penyelesaian secara damai. Jika perang berlanjut, krisis pangan yang terjadi akan semakin memburuk," kata Jokowi dalam keterangan Sekretariat Kabinet, Selasa (28/6).

 Selain itu Macron juga menyampaikan dukungan atas Presidensi G20 Indonesia. Prancis akan mendukung presidensi RI agar sukses dan menghasilkan kerja sama nyata.

Jokowi juga menyampaikan upaya memperkuat kerja sama bilateral dengan Prancis. Beberapa di antaranya di bidang pertahanan serta industri strategis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...