Di Depan Jokowi, Zelensky Ajak Pengusaha RI Bangun Ukraina Usai Perang

Ameidyo Daud Nasution
30 Juni 2022, 11:21
ukraina, jokowi, perang
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (kiri) melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022).

Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (30/6). Dalam kesempatan tersebut, Zelensky mengapresiasi kedatangan Jokowi sebagai kunjungan pemimpin Asia pertama usai negara tersebut diserang Rusia.

Selain itu ia juga menitipkan pesan untuk dunia usaha RI. "Saya mengundang kalangan usaha Indonesia berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," kata Zelensky dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis (30/6).

Sedangkan Jokowi mengatakan kedatangannya adalah wujud dari kepedulian RI terhadap situasi Ukraina. Indonesia juga akan terus menghormati kedaulatan dan integritas wilayah.

"Saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden (Rusia) Putin yang akan saya kunjungi," katanya.

Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Oleh sebab itu Presiden sempat memberikan bantuan kemanusiaan serta berkomitmen merekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...