Di Depan Jokowi, Zelensky Ajak Pengusaha RI Bangun Ukraina Usai Perang

Jokowi akan membawa pesan dari Ukraina untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.
Ameidyo Daud Nasution
30 Juni 2022, 11:21
ukraina, jokowi, perang
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (kiri) melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022).

Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (30/6). Dalam kesempatan tersebut, Zelensky mengapresiasi kedatangan Jokowi sebagai kunjungan pemimpin Asia pertama usai negara tersebut diserang Rusia.

Selain itu ia juga menitipkan pesan untuk dunia usaha RI. "Saya mengundang kalangan usaha Indonesia berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," kata Zelensky dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis (30/6).

 

Sedangkan Jokowi mengatakan kedatangannya adalah wujud dari kepedulian RI terhadap situasi Ukraina. Indonesia juga akan terus menghormati kedaulatan dan integritas wilayah.

Advertisement

"Saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden (Rusia) Putin yang akan saya kunjungi," katanya.

Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Oleh sebab itu Presiden sempat memberikan bantuan kemanusiaan serta berkomitmen merekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

PRESIDEN JOKO WIDODO TINJAU KOTA IRPIN DI UKRAINA
PRESIDEN JOKO WIDODO TINJAU KOTA IRPIN DI UKRAINA (ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.)

 

Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan. “Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” tegasnya.

Jokowi juga kembali mengundang Zelensky untuk berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali. 

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” katanya.

Usai pertemuan, Jokowi dan rombongan berangkat lagi ke Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan Ukraina. Dari Polandia, mantan Wali Kota Solo itu akan terbang ke Moskow untuk bertemu Putin.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait