Akhiri Lawatan di Ukraina, Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Zelensky

Jokowi sebelumnya mengunjungi kompleks apartemen di barat Kyiv yang hancur akibat serangan Rusia.
Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2022, 22:21
jokowi, ukraina, zelensky
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (kiri) berfoto bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022).

Presiden Joko Widodo akhirnya resmi bertemu langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dikutip dari Biro Pers Sekretariat Presiden, pertemuan digelar di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/6) pukul 15.00 waktu setempat.

Jokowi, yang mengenakan kemeja putih dengan lengan digulung, disambut Zelensky di pintu masuk Istana. Setelah itu, kedua pemimpin masuk ke dalam untuk sesi foto dilanjutkan pertemuan tete-a-tete alias empat mata.

 Zelensky juga sempat memperkenalkan Jokowi kepada sejumlah pejabat Ukraina. Sedangkan mantan Wali Kota Solo itu memperkenalkan Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada sang tuan rumah.

Belum diketahui secara detail apa saja yang dibicarakan Jokowi dan Zelensky. Namun Presiden telah mengatakan kedatangannya ini  membawa misi perdamaian bagi Ukraina dan Rusia. Sedangkan Retno pagi tadi sempat mematangkan agenda pertemuan bilateral tersebut dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba.

Advertisement

Jokowi, yang tiba tadi pagi dari Polandia, memulai agendanya di Ukraina dengan mengunjungi Kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin di barat Kyiv. Presiden mengaku sedih melihat kondisi apartemen dan kota yang porak poranda akibat perang. 

PRESIDEN JOKO WIDODO TINJAU KOTA IRPIN DI UKRAINA
PRESIDEN JOKO WIDODO TINJAU KOTA IRPIN DI UKRAINA (ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.)

Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar perang segera dihentikan. "Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak," kata Presiden di Irpin, Rabu (29/6). 

Usai pertemuan dengan Zelensky, Jokowi langsung menuju Stasiun Central untuk bertolak ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa.

Setelah itu Jokowi akan terbang lagi ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Sama seperti kepada Zelensky, Jokowi akan meminta Putin untuk menghentikan perang. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait