Jokowi: Tjahjo Kumolo Berpulang di Puncak Pengabdian Sebagai Menteri

Ameidyo Daud Nasution
1 Juli 2022, 15:39
tjahjo kumolo, jokowi, meninggal
ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan sejumlah pejabat lainnya saat Menkopolhukam Wiranto, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo. Jokowi menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Tjahjo.

Tjahjo wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB. Jokowi mendengar kabar tersebut di tengah lawatan ke luar negeri. 

"Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Jokowi dalam unggahan di Instagramnya, Jumat (1/7).

Jokowi berharap amal ibadah Tjahjo dapat diterima Tuhan, "Serta segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah," kata Presiden.

Tjahjo dua kali mengisi posisi di kabinet Jokowi. Sebelum Menpan RB, politisi berusia 64 tahun itu merupakan Menteri Dalam Negeri pada 2014 hingga 2019.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Sebelumnya Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla menyampaikan duka mendalam dan mengenang mantan anak buahnya tersebut di kabinet. Bagi Kalla, Tjahjo adalah orang yang selalu membaktikan dirinya kepada bangsanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...