Temukan Dugaan Penyelewengan Donasi, PPATK Minta Masyarakat Waspada

Ameidyo Daud Nasution
5 Juli 2022, 15:11
PPATK, donasi, act
ANTARA/HO-PPATK/pri.
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana

Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) angkat bicara soal masalah donasi yang tengah ramai. PPATK meminta masyarakat berhati-hati dalam memberikan sumbangan.

Kepala PPATK, Ivan Yustiananda mengatakan masyarakat juga perlu memperhatikan pemilihan platform dalam donasi. Apalagi PPATK menemukan indikasi dugaan penyelewenangan dana sumbangan.

Advertisement

"Ini sudah terendus sejak dari masyarakat dan pihak lain. Laporan disampaikan Penyedia Jasa Keuangan," kata Ivan dalam keterangan tertulis, Selasa (5/7).

Ivan tidak menyinggung lembaga mana yang terindikasi menyalahgunakan donasi masyarakat. Namun ia mengatakan beberapa modus yang kerap digunakan adalah kotak amal yang terletak di kasir toko perbelanjaan.

Oleh sebab itu masyarakat perlu mengenal lembaga yang melakukan penggalangan dana. Kredibilitas donatur bisa diketahui lewat data yang disajikan Kementerian Sosial.

Berikutnya, masyarakat perlu melihat ketersediaan kanal informasi si penggalang dana. Hal ketiga, penyumbang bisa mengakses informasi laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban secara resmi.

"Biasanya beberapa laporan yang baik telah mendapatkan audit akuntan publik," bunyi keterangan PPATK.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement