Menlu Ingatkan G20: Dunia Bertanggung Jawab Akhiri Perang Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
8 Juli 2022, 16:54
g20, ukraina, rusia
ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) menyampaikan pidato dalam pembukaan Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7/2022).

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi menyinggung tanggung jawab negara-negara di dunia untuk mengakhiri perang di Ukraina. Apalagi konflik ini merupakan tantangan global selain pandemi Covid-19 yang belum usai.

Hal tersebut disampaikan Retno saat membuka pertemuan Menlu G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7). Ia berharap koleganya di seluruh dunia aktif untuk menghentikan perang dengan cara damai.

"Tanggung jawab kita akhiri perang dan menyelesaikan perbedaan di meja perundingan, buka di medan perang," kata Retno dikutip dari Antara.

Retno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengambil langkah perdamaian dengan berkunjung ke Kyiv dan Moskow pekan lalu. Retno juga telah aktif berdialog dengan mitra untuk menyampaikan pandangan RI dan negara berkembang tentang dampak perang.

"Mari kita berusaha sebaik mungkin memperkuat kepercayaan dan saling menghormati," katanya.

Retno juga mengajak G20 menjadi solusi tantangan global. Beberapa masalah yang masih melanda adalah perang Ukraina, Covid-19, hingga krisis pangan dan energi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...