Menlu Ingatkan G20: Dunia Bertanggung Jawab Akhiri Perang Ukraina

Perang Ukraina, Covid-19, hingga krisis pangan dan energi merupakan masalah utama yang perlu diatasi G20.
Ameidyo Daud Nasution
8 Juli 2022, 16:54
g20, ukraina, rusia
ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) menyampaikan pidato dalam pembukaan Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7/2022).

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi menyinggung tanggung jawab negara-negara di dunia untuk mengakhiri perang di Ukraina. Apalagi konflik ini merupakan tantangan global selain pandemi Covid-19 yang belum usai.

Hal tersebut disampaikan Retno saat membuka pertemuan Menlu G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7). Ia berharap koleganya di seluruh dunia aktif untuk menghentikan perang dengan cara damai.

"Tanggung jawab kita akhiri perang dan menyelesaikan perbedaan di meja perundingan, buka di medan perang," kata Retno dikutip dari Antara.

Retno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengambil langkah perdamaian dengan berkunjung ke Kyiv dan Moskow pekan lalu. Retno juga telah aktif berdialog dengan mitra untuk menyampaikan pandangan RI dan negara berkembang tentang dampak perang.

"Mari kita berusaha sebaik mungkin memperkuat kepercayaan dan saling menghormati," katanya.

Retno juga mengajak G20 menjadi solusi tantangan global. Beberapa masalah yang masih melanda adalah perang Ukraina, Covid-19, hingga krisis pangan dan energi.

Dampak dari perang juga dirasakan negara berkembang dan berpenghasilan rendah. Angka pertumbuhan ekonomi global bisa melambat jadi 2,9% tahun ini dan inflasi negara berkembang dapat mencapai 8,7%.

Oleh sebab itu RI selaku Presidensi G20 mengangkat isu multilateralisme dalam pertemuan Menlu tahun ini. Retno berharap mekanisme multilateral masih bisa berjalan menghadapi tantangan global.

"Tantangan global perlu solusi global, tapi sejujurnya kita tak dapat menyangkal bahwa semakin suli bagi dunia untuk duduk bersama," katanya.

 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait