Menlu Negara G20 akan Bertemu, Perkuat Solidaritas Atasi Krisis Global

Happy Fajrian
6 Juli 2022, 20:32
g20, fmm, foreign ministers meeting, menteri luar negeri
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/YU
Kedatangan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu (kanan) di Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (6/7/2022) untuk menghadiri G20 Foreign Ministers Meeting (FMM).

Pertemuan para menteri luar negeri negara anggota G20 atau The G20 Foreign Ministers Meeting (G20 FMM) akan digelar di Bali mulai besok, Kamis (7/7) hingga Jumat (8/7).

Pertemuan yang mengusung tema “Membangun dunia yang lebih damai, stabil, dan sejahtera bersama” ini akan menjadi forum strategis untuk membahas upaya pemulihan global di tengah situasi yang tidak menentu saat ini.

Advertisement

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengatakan Indonesia optimistis pertemuan tersebut akan menghasilkan masukan progresif yang akan menguatkan multilateralisme ataupun solidaritas antarnegara di tengah krisis yang sedang melanda dunia.

“Situasi dunia memang sangat sulit saat ini, di sinilah kita perlu bekerja sama menjalankan komitmen untuk perdamaian dan kemanusiaan,” ujar Retno pada konferensi pers secara virtual seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/7).

Adapun FMM akan membahas dua isu utama yakni penguatan kerja sama dan krisis pangan serta Energi. Sesi penguatan multilateralisme akan membahas langkah-langkah bersama untuk memperkuat kolaborasi global dan membangun rasa saling percaya antar negara, yang akan menjadi lingkungan pendukung bagi stabilitas, perdamaian, dan pembangunan dunia.

“Situasi dunia memang sangat sulit saat ini, di sinilah kita perlu bekerja sama menjalankan komitmen untuk perdamaian dan kemanusiaan,” kata Retno.

Dalam sesi ini dua pembicara khusus akan berdiskusi membagi idenya tentang pemberdayaan prinsip dan forum multilateral di tengah situasi geopolitik saat ini. Mereka adalah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Professor Jeffrey Sachs dari Columbia University.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement