Bio Farma Mulai Uji Klinis III Vaksin Covid BUMN di Sulsel dan Sumbar

Ameidyo Daud Nasution
13 Juli 2022, 11:49
vaksin, bumn, bio farma, covid-19
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.
Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Dokter Lucia Rizka Andalucia (tengah) menerima cenderamata dari Direktur Operasi Bio Farma M Rahman Roestan (kiri) dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bio Farma Sri Harsi Teteki (kanan) saat kunjungan center uji klinis fase tiga vaksin COVID-19 BUMN di Puskesmas Binamu Kota, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (12/7/2022).

PT Bio Farma (Persero) telah memulai uji klinis ketiga vaksin Covid-19 buatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pengujian dilakukan secara berbarengan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman, Sumatera Barat dan Puskesmas Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan pada Selasa (12/7).

Pengujian di Sumbar dipantau langsung oleh Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir hingga Wakil Bupati Pariaman, Rahmang. Sedangkan pengujian di Sulsel ditinjau oleh Direktur Operasi Bio Farma Rahman Roestan dan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Lucia Rizka Andalucia.

Honesti mengatakan vaksin ini sedang menunggu izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta audit halal yang dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Harapannya kedua sertifikat ini akan muncul pada akhir Juli," kata Honesti dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7).

Honesti mengatakan vaksin buatan BUMN ini akan digunakan untuk dosis pertama dan kedua pada usia dewasa. Sedangkan pengujian akan dilakukan untuk penggunaan sebagai dosis tambahan (booster).Dia juga berharap vaksin ini bisa digunakan untuk anak-anak usia 6 sampai 17 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...