Ranil Wickremesinghe Resmi Jadi Presiden Sri Lanka, Warga Protes

Ameidyo Daud Nasution
20 Juli 2022, 17:27
sri lanka, wickremesinghe, krisis
ANTARA FOTO/REUTERS/Dinuka Liyanawatte/hp/cf
Dinuka Liyanawatte Serikat buruh melakukan protes saat mogok nasional menuntut pengunduran diri Presiden Gotabaya Rajapaksa dan kabinetnya, menyalahkan mereka karena menciptakan krisis ekonomi terburuk di negara itu dalam puluhan tahun, di depan Sekretariat Kepresidenan di Kolombo, Sri Lanka, Kamis (28/4/2022).

Anggota parlemen Sri Lanka telah memilih Ranil Wickremesinghe sebagai presiden baru negara tersebut pada Rabu (20/7). Dia menggantikan Gotabaya Rajapaksa melarikan diri di tengah demonstrasi masyarakat atas krisis negara tersebut.

Wickremasinghe memimpin negara tersebut setelah mendapatkan 134 dari 225 suara anggota parlemen. Dia,yang enam kali menjabat perdana menteri Sri Lanka, dilantik di tengah kemarahan publik atas krisis ekonomi negara tersebut.

"Sekarang semua orang harus bersatu," katanya usai dilantik di kolombo, Rabu (20/7) dikutip dari Reuters.

Dia mengalahkan anggota parlemen partai yang berkuasa yakni Dullas Alahapperuma yang mendapatkan 82 suara dan kandidat dari partai berhaluan kri, Anura Kumara Dissanayaka yang hanya mendulang tiga suara.

Meski demikian terpilihnya Wickremasinghe tak membuat masyarakat puas. Mereka melabeli pria berusia 73 tahun tersebut sebagai sekutu lama keluarga Rajapaksa.

"Kami terkejut, dia adalah orang yang menangani berbagai hal dengan cara yang licik," kata seorang pengunjuk rasa bernama Damitha Abeyrathne.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...