Kasus Covid-19 Terus Menanjak, Saatnya RI Kembali Injak Rem PPKM?

Ameidyo Daud Nasution
21 Juli 2022, 14:57
covid-19, virus corona, ppkm
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Warga berjalan menuju Stasiun Sudirman di Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Penularan Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Bahkan pemerintah melaporkan pasien corona RI bertambah 5.653 orang pada Rabu (20/7), tertinggi selama hampir empat bulan.

Tak hanya itu, penularan corona di Jakarta juga masuk dalam kategori level 3 sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia. Namun apakah sudah saatnya pemerintah menarik lagi rem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)?

Advertisement

Ahli wabah dari Griffith University Dicky Budiman mengatakan status PPKM level 1 dan 2 masih relevan dengan kondisi penularan saat ini. Namun ia meminta pemerintah betul-betul berkomitmen menjalankan pembatasan sesuai level tersebut.

"PPKM ini harus benar-benar jadi payung penguatan (pencegahan penularan)," kata Dicky kepada Katadata.co.id, Rabu (21/7).

Hal lain yang tak kalah penting adalah vaksinasi booster. Dicky meminta pemerintah betul-betul memacu pemberian dosis tambahan vaksin Covid-19 tersebut demi mengurangi keparahan kasus.

Dia juga meminta pemerintah menyasar dua kelompok yakni daerah dengan angka vaksinasi booster rendah dan memiliki kelompok rentan. "Meski infeksi banyak, tapi angka kematian dan masuk Intensive Care Unit (ICU) bisa ditekan," kata dia.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mengantisipasi penularan Covid-19 dari jemaah haji yang baru pulang dari Tanah Suci. Ia menyarankan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dilakukan dalam waktu 48 jam usai jemaah pulang.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement