Bertolak ke Cina Siang Ini, Jokowi Akan Temui Xi Jinping

Rizky Alika
25 Juli 2022, 12:07
jokowi, cina, jepag, korea selatan
ANTARA FOTO/Setpres/Rusman/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri sekaligus State Councillor China Wang Yi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Cina pada Senin (25/7). Jokowi diagendakan berangkat pukul 13.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng menuju Beijing. 

Kepala Negara dijadwalkan bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping. Mantan Wali Kota Solo itu bakal menjadi presiden pertama yang diterima oleh Xi Jinping selama pandemi.

"Bapak Presiden akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping," kata Retno dalam konferensi pers virtual, Kamis pekan lalu (21/7).

Retno mengatakan, Jokowi akan membahas penguatan kerja sama dalam bidang ekonomi, khususnya perdagangan dan investasi.

Sebagaimana diketahui, Cina merupakan mitra dagang Indonesia terbesar dengan nilai perdagangan mencapai US$ 110 miliar pada 2021. Sementara, investasi Cina menempati posisi terbesar ketiga degan nilai US$ 3,2 miliar pada 2021.

Kunjungan ke Negeri Panda itu menjadi bagian dari lawatan ke tiga negara di Asia Timur. Setelah mengunjungi Cina, Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Tokyo, Jepang pada Rabu (27/7).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...